TIPS MENGATASI BAU MULUT
Meski bukan masalah medis yang gawat, bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain. Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebabnya bau mulut di antaranya:
  • Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
  • Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD).
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan.
Selain beberapa kondisi kesehatan di atas, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Cara Menghilangkan Bau Mulut
1. Menggosok gigi dan lidah
    Ada banyak bakteri yang bersembunyi di lidah tidak hanya di gigi saja dan bisa menjadi sarang penyebab bau mulut. Oleh karena itu lidah dinersihan dengan cara menggosok dari bagian pangkal lidah yang paling dalam kemudian tarik hingga ke arah depan. Kemudian akhiri dengan berkumur selama beberapa kali. Lidah Anda pun akan bersih dan segar kembali.
2. Meminum air putih
    Produksi air liur yang sedikit ini memicu pertumbuhan bakteri, yang kemudian akan menghasilkan senyawa sulfur (belerang) sehingga menyebabkan bau tidak sedap dari mulut. Cara yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk mengatasi bau mulut yakni dengan minum banyak air putih, terlebih saat baru bangun tidur. Pasalnya, bakteri yang menyebabkan napas berbau tidak sedap memiliki sifat anaerobik, artinya bakteri tersebut akan tumbuh subur dalam suasana yang kering. Itu sebabnya, air putih berperan untuk membasahi sekaligus menyeimbangkan area dalam mulut guna mengatasi pertumbuhan bakteri tersebut. 
3. Memakan permen mint
    Pilihlah permen  rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis. Sebab, bakteri di dalam mulut bisa memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet rasa manis, sehingga kemudian menghasilkan asam dalam mulut. Kondisi asam pada mulut bisa merusak enamel gigi sekaligus menyebabkan aroma napas tidak sedap.
4. Memakan Buah-buahan segar
    Selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah juga berperan aktif dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Buah-buahan dipercaya menghasilkan asam pada mulut guna mencegah bakteri berkembang biak. Pada dasarnya, semua buah yang kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi ini adalah salah satu cara praktis untuk menghilangkan bau mulut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGNYA MENGENALI OBAT SEBELUM DI KONSUMSI